Berita

Mahasiswa sebagai Kader Pembangunan - Pelepasan KKLP Mahasiswa STIE-STKIP YAPTI Jeneponto, Juli 2018

Posted in Yapti on Jul 12, 2018


Senin 12 Juli 2018, bertempat di kampus Yapti, sebanyak 187 mahasiswa STIE-STKIP YAPTI yang mengikuti Kuliah Kerja Lapang Plus (KKLP) Angkatan XX dilepas secara resmi oleh Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, yang diwakili Asisten III Dr. H. Haerul Gassing, SH.,MH

187 mahasiswa ini akan disebar di 17 desa/kelurahan (posko) di empat kecamatan di Jeneponto: Tamalatea, Binamu, Kelara, dan Tarowang. Dalam sambutannya, Asisten III Haerul Gassing berharap pada mahasiswa untuk bersinerji dengan kepala desa dan lurahnya serta bersama masyarakat membangun dan memberdayakan kemampuan desa dengan sebaik-baiknya.

“Harapan saya, anak-anakku sekalian para mahasiswa yang akan ber-KKLP, bersinerjilah dengan kepala desa, lurah dan masyarakat. Ciptakan kesejukan dan kedamaian, apalagi kita baru saja melaksanakan pesta demokrasi, pemilihan Bupati Jeneponto. Jangan lagi ada sekat-sekat antar golongan dan pendukung,” harap Haerul Gassing.

Adapun tema KKLP tahun ini: “Berbagi, Berkarya, Mengabdi untuk Jeneponto yang Lebih Baik.”

Sesuai tujuan diadakannya KKLP, Kuliah Kerja Lapang Plus tidak bisa lepas dari nafas dan semangat Tri Dharma Perguruan Tinggi:

  1. PENDIDIKAN. Sebagai kegiatan pendidikan, melalui KKLP mahasiswa diperkenalkan secara langsung kepada masyarakat dan permasalahannya serta cara kerja lintas sektoral dan interdipliner.

  2. PENELITIAN. Mahasiswa diajak untuk menelaah dan merumuskan permasalahan yang kompleks, menelaah potensi-potensi dan kelemahan-kelemahan yang ada dalam masyarakat, dan sekaligus merumuskannya.

  3. PENGABDIAN MASYARAKAT. Disebut sebagai kegiatan pengabdian pada masyarakat, melalui KKLP mahasiswa mengamalkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat secara praktis.

Olehnya itu, sangat jelas bahwa KKLP bukanlah sekadar “kerja bakti” atau “bakti sosial” yang dalam Pengabdian pada Masyarakat disebut sebagai Pelayanan Masyarakat (community service), apalagi hanya kegiatan fisik saja. Tapi akumulasi dari pendidikan, penelitian sekaligus pengabdian pada masyarakat.

Adapun tujuan dari KKLP adalah:

Tujuan Umum Pada dasarnya tujuan umum KKLP adalah untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa (personality development) melalui pengembangan persepsi, kognisi dan sikap mahasiswa terhadap masyarakat lingkungannya.

Selain itu tujuan KKN adalah mendekatkan lembaga perguruan tinggi pada masyarakat sehingga perguruan tinggi dapat membantu pemerintah dalam upaya mempercepat gerak pembangunan.

Tujuan Khusus

UNTUK MENJADI KADER PEMBANGUNAN Upaya menumbuhkan, mempercepat serta mempersiapkan kader-kader pembangunan.

UNTUK PENGALAMAN BELAJAR Pengalaman tentang cara-cara Bermasyarakat. Menemukan, merumuskan, memecahkan dan menanggulangi permasalahan pembangunan secara prakmatis dan interdisipliner.

UNTUK MENAMBAH WAWASAN Menambah wawasan mahasiswa dalam memotivasi masyarakat untuk membangun Desa.

UNTUK MENJADI SIAP PAKAI Agar mahasiswa dapat menjadi generasi yang siap pakai dan sekaligus calon penerus pembangunan utamanya di daerah pedesaan, baik dimasa sekarang maupun dimasa yang akan datang. []

Kategori

Agenda

AGENDA LAIN

Yapti