Berita

PERINGATI HUT TNI KE-73, KODIM BINAMU BERSAMA MAHASISWA STIE –STKIP YAPTI TANAM POHON

Posted in Yapti, STKIP, STIE on Sep 28, 2018


Dalam rangka memperingati HUT TNI yang ke 73 tahun, Kodim Binamu Jeneponto dibantu kesatuan dari luar Binamu bersama mahasiswa STIE – STKIP YAPTI Jeneponto, pada Jumat 28 September 2018, melakukan kegiatan penanaman pohon sepanjang 1 km.

Fokus penanaman berada di sepanjang jalan Baper Tarum Kelurahan Empoang, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, tepatnya di depan Kantor Dinas Perhubungan dan Komunikasi. Bersama instansi terkait lainnya, penanaman jenis pohon Trambesi ini berlangsung penuh semangat dan kekeluargaan.

Sejarah HUT TNI Pada awal Negara Indonesia berdiri, sama sekali tidak mempunyai kesatuan tentara. Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang dibentuk dalam sidang PPKI pada 22 Agustus 1945 bukanlah tentara sebagai suatu organisasi kemiliteran yang resmi.

BKR hanya disiapkan untuk memelihara keamanan setempat agar tidak menimbulkan kesan bahwa Indonesia menyiapkan diri untuk memulai peperangan menghadapi Sekutu. Melalui Maklumat Pemerintah pada 5 Oktober 1945, BKR diubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Pada 7 Januari 1946, TKR berganti nama menjadi Tentara Keselamatan Rakyat. Kemudian pada 26 Januari 1946, diubah lagi menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI).

Tentara Indonesia mengalami beberapa fase, hingga menjadi TNI. Pada awal dibentuk bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR), berganti nama menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI), kemudian berubah lagi menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Dalam sejarahnya, pada masa Demokrasi Terpimpin hingga masa Orde Baru, TNI pernah digabungkan dengan Polri. Penggabungan ini disebut dengan ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia).

Pemisahan Polri dan TNI, sesuai Ketetapan MPR nomor VI/MPR/2000 tentang pemisahan TNI dan Polri dan Ketetapan MPR nomor VII/MPR/2000 tentang Peran TNI dan peran Polri. Pada 30 September 2004 disahkan Rancangan Undang-Undang TNI oleh DPR yang selanjutnya ditandatangani Presiden Megawati Soekarnoputri pada 19 Oktober 2004. []

Kategori

Agenda

AGENDA LAIN

Yapti