Berita

Tim Asesor BAN – PT di Kampus STIE – STKIP YAPTI Jeneponto

Posted in Yapti on Jun 19, 2019


Sebagai penentu standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan, peran akreditasi sangatlah penting. Dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN - PT) yang independen, melalui lembaga ini pemerintah berupaya menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja.

Guna menjamin mutu tersebut, tim asesor BAN – PT melakukan kunjungan tugasnya ke kampus STIE – STKIP YAPTI Jeneponto. Tiba di kampus hari minggu, tanggal 16 Juni 2019, tim asesor yakni Dr Diana Rochintaniawati (dari Universitas Pendidikan Indonesia) dan Dr Tjandra Anggraeni, P.Hd (dari Institut Teknologi Bandung) khusus mengasesmen prodi biologi. Tim asesor melakukan pengujian hingga selasa (18/06/19).

Selanjutnya pada Senin (17/06/19) tim asesor BAN – PT untuk prodi Bahasa Indonesia sudah hadir di kampus STIE – STKIP YAPTI Jeneponto. Mereka adalah Dr Mohammad Rohmadi, S.S, M. Hum (dari Universitas Sebelas Maret) dan Dr Gumono, M.Pd (dari Universitas Bengkulu). Asesmen dilakukan hingga Rabu (19/06/19).

Dr Rohmadi terkesan dengan kesejukan kampus YAPTI oleh rimbunnya pepohonan bambu dan kelapa. Mengingatkan beliau pada kampung halamannya di Solo.

“Kesejukan ini tetap harus dijaga. Ini sangat bagus yaa.. mengingatkan saya pada Solo kampung halaman saya. Yang paling penting kebersihan harus diutamakan. Luar biasa yaa.. sejuk dan bersih..” ungkap Rohmadi, saat berkeliling di halaman kampus.

Akreditasi memang sangat dibutuhkan oleh kampus YAPTI, sebagai upaya evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan.

Meninjau hingga ke lantai 4 kampus YAPTI, Dr Rohmadi menilai fasilitas dan gedung kampus sudah memadai. Beberapa catatan yang harus dibenahi pihak kampus tetap ada, antara lain peningkatan kenyamanan mahasiswa dalam proses belajar-mengajar.

“Kampus YAPTI adalah aset negara khususnya Jeneponto yang sangat potensial untuk lebih maju dan berkembang lebih baik lagi. Letaknya strategis. Gedung dan fasilitasnya memadai. Sumber daya manusianya juga berbobot. Kampus ini sangat potensial untuk lebih dibanggakan,” terang Rohmadi.

Apa saja yang dinilai?

Setidaknya ada lima poin penting yang dinilai oleh tim asesor, yaitu

  • Kurikulum dari setiap program pendidikan,
  • Jumlah tenaga pendidik,
  • Keadaan mahasiswa,
  • Kordinasi pelaksanaan pendidikan, termasuk persiapan sarana dan prasarana,
  • Kesiapan administrasi akademik, kepegawaian, keuangan dan rumah tangga dari perguruan tinggi.

Akreditasi memberikan manfaat pada semua pihak, baik itu pemerintah, calon mahasiswa atau orang tua, pasar kerja nasional maupun internasional, organisasi penyandang dana, dan bagi perguruan tinggi atau program studi yang bersangkutan. Melalui akreditasi, pemerintah bisa lebih mudah menjamin mutu PT dan tenaga kerja yang lulus dari PT yang sudah terakreditasi. Selain itu juga pemerintah bisa mendapatkan informasi mengenai PT untuk menentukan beasiswa atau hibah yang akan diberikan bagi institusi dan mahasiswanya.[]

Kategori

Agenda

AGENDA LAIN

Yapti