Profil

Sejarah dan Perkembangan YAPTI

25 JULI 1985

Rivai Pakihi mendirikan sebuah yayasan pendidikan bernama Yayasan Pendidikan Turatea Indonesia (YAPTI). Hal ini sesuai dengan akte pendidikan yayasan yang terdaftar di panitraan pengadilan negeri Jeneponto pada hari Kamis, 23 Januari 1986 dengan nomor register W15.D6-H101.01-025/1986/PN.JO. Dalam menjalankan aktifitas kegiatannya sebagai lembaga pendidikan tinggi, maka YAPTI mendirikan Sekolah Tinggi Pendidikan Ilmu Pendidikan Sosial (STPIPS), yang dipimpin oleh Drs. H.M. Yasin Bachtiar.

27 JULI 1986

Evaluasi STPIPS YAPTI dilakukan oleh Tim Kopertis IX. Dilaksanakan di Gedung Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Kecamatan Tamalatea. Ketua Tim Evaluasi Kaimuddin Salleh, SH menjelaskan persyaratan yang diperlukan bagi pengurus yang hendak mendirikan suatu perguruan tinggi, antara lain: harus dipenuhi aspek kelembagaan, akademik (menyangkut jurusan, kurikulum, silabus), dana, tenaga, dan sebagainya.

Sementara itu, Ketua YAPTI Rivai Pakihi melaporkan, setiap tahun ajaran baru, lulusan SMTA di daerah Jeneponto berbondong-bondong menyerbu perguruan tinggi di Ujungpandang (kini Makassar), baik negeri maupun swasta. Hal ini yang menjadi penyebab utama sehingga didirikannya perguruan tinggi YAPTI. Untuk menunjang cita-cita tersebut, yayasan telah melakukan studi kelayakan selama setahun (Maret 1985 hingga April 1986).

Pada evaluasi itu turut hadir Bupati Jeneponto Drs. Sehuddin, Ketua DPD I Golkar Sulsel H. Aliem Bachri, Ketua FKKPI Drs. H. Ilham Aliem Bachri, dan sejumlah kepala bagian di lingkungan Pemda Tingkat II Jeneponto. Pada kesempatan itu, H. Aliem Bachri (yang juga sebagai Dewan Kurator) mengajak mengenang kembali orang-orang terdahulu yang sudah menyumbangkan darma baktinya bagi kejayaan daerah Jeneponto.

Sementara itu, Bupati Jeneponto optimis atas keberadaan YAPTI. ujar Sehuddin bersemangat.

10 AGUSTUS 1986

Berdasarkan hasil evaluasi Kopertis Wilayah IX terhadap STPIPS YAPTI (27 Juli 1986), Sekolah Tinggi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (STPIPS) Jeneponto tahun Akademik 1986-1987 akan menerima mahasiswa baru. Adapun tentang penjurusan, Ketua YAPTI menunjuk SK Kopertis No. 609 tentang Pra Evaluasi STPIPS YAPTI yang dikatakan jurusan sejarah. Tetapi setelah rapat terakhir pada hari evaluasi 27 Juli itu, diputuskan dan ini merupakan keputusan bersama Bupati Drs. Sehuddin (Selaku Ketua Dewan Kurator) dan pengurus Yayasan serta Kopertis bahwa Jurusan Sejarah digantikan dengan Jurusan Ekonomi Koperasi.

Adapun Pengurus Yayasan: sebagai Dewan Kurator Bupati Jeneponto Drs. Sehuddin (selaku Ketua); H. Aliem Bachrie; Drs. H.M. Daud Nompo; Brigjen Purn. H. Bachtiar dan Baso Toto, serta H. Syamsul Ridjal, SH (masing-masing sebagai anggota). Sedangkan Dewan Penasehat: Bupati Jeneponto; Drs. Syamsi Lili; M. Basir; Ibrahim Hasan; Dr. Achmad Makkarausu Palinrungi, dan Zainuddin Dg. Manambung.

14 AGUSTUS 1986

Dekan Sekolah Tingi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (STPIPS) Drs. H.M. Yasin Bachtiar bersama Pembantu Dekan dan pengurus YAPTI Jeneponto (Ketua Yayasan YAPTI Rivai Pakihi, dan Ketua Satu Drs. Anwar Rivai) menemui Bupati Drs. Sehuddin di ruang kerjanya. Pertemuan tersebut membicarakan tentang terbitnya Surat Keputusan (SK No. 755, diterima 9 Agustus 1986) Kopertis Wilayah IX, perihal diberikannya izin untuk menerima mahasiswa dalam tahun Akademik 1986-1987. Selain itu para pengurus juga melaporkan rencana kerja yang akan diambil pada tahap pemantapan perkuliahan sekaligus membicarakan masalah penataran P4 bagi calon mahasiswa.

2 SEPTEMBER 1986

Penataran P4 Pola Pendukung 45 jam bagi mahasiswa baru Sekolah Tinggi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (STPIPS) Jeneponto dibuka oleh Bupati Jeneponto Drs. Sehuddin, yang diwakili Kepala BP7 Jeneponto Drs. Amiruddin Sudjadi. Mahasiswa yang mengikuti penataran sebanyak 54 orang dari 90 mahasiswa yang mendaftar untuk ikut kegiatan perkuliahan.

15 SEPTEMBER 1986

Pembukaan kuliah pertama STPIPS YAPTI Jeneponto, tahun 1986/1987. Tercatat 60 orang mahasiswa yang mengikuti mata kuliah. Pembukaan dilakukan oleh Ketua Yayasan Rivai Pakihi, disertai oleh Dewan Kurator STPIPS, Muspida Kecamatan serta sejumlah undangan di Gedung Perkuliahan STPIPS YAPTI Tamalatea, Jeneponto.

14 OKTOBER 1986

STPIPS YAPTI berhasil merebut gelar juara 1 sebagai stand terbaik tingkat instansi pada Pameran Pembangunan Kabupaten Jeneponto. ucap ketua panitia pameran STPIPS YAPTI Agus Syamsir Tompo. tambahnya. STPIPS YAPTI memang bisa berbangga, dua bulan masa kegiatan perkuliahan, perguruan tersebut telah menoreh prestasi.

10 JUNI 1987

Seluruh kegiatan penerimaan mahasiswa baru ditetapkan secara terpusat, yakni di Kampus STPIPS YAPTI Jeneponto; sekaligus Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (Penmaru) STPIPS YAPTI terbentuk, dimana Drs. Pattalolo Djoa sebagai Ketua Panitianya. Pembayaran uang kuliah sebesar Rp 225.000,- sesuai ketetapan standar minimal BM-PTS Wilayah IX. Ketika ini, STPIPAS YAPTI baru memiliki satu jurusan, yakni jurusan Ekonomi Koperasi dengan program S1.

8 JULI 1987

Ketua Yayasan Rivai Pakihi bersama Dekan STPIPS YAPTI Drs. H. Yasin Bachtiar serta pengurus lainnya menemui Bupati Drs. Sehuddin di ruang kerjanya. Pertemuan tersebut mengfokuskan pada laporan sudah adanya gedung perkuliahan yang dimiliki STPIPS YAPTI. Gedung tersebut adalah bekas areal tembakau yang tengah dalam tahap rehabilitasi. Selain itu, pembicaraan juga mengarah pada rencana kerjasama dengan pihak Dikbud provinsi Sulsel. Kerja sama tersebut menyangkut penempatan bagi tamatan (sarjana) STPIPS; diharapkan bisa langsung diserap dan ditempatkan di beberapa SMTA Jeneponto untuk dipakai sebagai tenaga pengajar.

16 AGUSTUS 1987

STPIPS YAPTI memiliki Kampus Baru, di atas areal seluas kurang lebih 1 Ha.

14 SEPTEMBER 1987

Kuliah Umum Perdana dilakukan. Adalah Dosen Bahasa Indonesia Drs. Farid Hamid dari IKIP Ujungpandang (kini UNM) yang memperoleh kesempatan berharga itu. Jumlah mahasiswa baru ketika itu masih sebanyak 55 orang.

16 NOVEMBER 1987

Koperasi Mahasiswa (Kopma) STPIPS YAPTI diresmikan dalam satu acara sederhana di Kampus YAPTI Tamalatea, Jeneponto. Kopma bernama STPIPS YAPTI tersebut ditandai pembukaan selubung papan nama koperasi oleh Mrs. Ruth Egger dari ILO, Swiss. Ditemani Mr. Ndjonkow, Drs. Suroso dari Departemen Koperasi Pusat, dan Ir. Ikhbal dari Dekopin Jakarta, Mrs Ruth berharap Kopma YAPTI benar-benar bisa sukses. Kopma YAPTI dibentuk pada 21 Oktober 1987 dengan jumlah anggota sebanyak 90 orang.

4 FEBRUARI 1993

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) yang didirikan YAPTI, terdaftar sesuai SK Mendikbud RI No.12/D/0/1993, tanggal 4 Februari 1993.

10 MEI 1993

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) yang didirikan YAPTI, terdaftar sesuai SK Mendikbud RI No. 270/DIKTI/Kep/1993, tanggal 10 Mei 1993.

19 NOPEMBER 1998

KKLP Mahasiswa STIE-STKIP YAPTI Angkatan II tahun 1998. Sebanyak 385 mahasiswa diwisuda: 218 mahasiswa STIKP, 142 STIE, dan 25 dari Matematika.

21 MEI 2002

YAPTI mendirikan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) jenjang diploma 2, yang dibina oleh STKIP YAPTI Jeneponto, atas dasar SK Dirjen DIKTI Departemen Pendidikan Nasional No. 1008/D2/2002.

15 MEI 2006

Dies Natalis YAPTI XIX dan wisuda sarjana IX STKIP-STIE YAPTI Jeneponto

19 OKTOBER 2006

STKIP mendapat pengakuan Akreditas dengan No.017/BAN-PT/Ak-x/S1/X/2006.

16 DESEMBER 2006

STIE mendapat pengakuan Akreditas dengan No. 020/BAN-PT/Ak-x/S1/XII/2006.